Penyakit Ginjal Pada Anak

Lebih dari 90% sindrom nefrotik atau ginjal pada anak merupakan akibat dari penyakit ginjal primer yang tidak diketahui penyebabnya. Sindrom nefrotik sekunder akibat penyakit sistematik lebih jarang ditemui di bandingkan pada orang dewasa, penyebab terjarang adalah sindrom Henoch-Schonlein.

Insiden penyakit ginjal yang banyak terjadi pada anak-anak adalah gagal ginjal kronik.Penyakit gagal ginjal kronik pada anak lebih jarang dibandingkan pada dewasa, tetapi memiliki akibat yang lebih buruk terhadap pertumbuhan dan perkembangan. Biasanya gejala klinis belum terlihat hingga terjadi penurunan fungsi ginjal sampai 60-80%. Gejala klinis mungkin tidak jelas yaitu adanya gagal tumbuh, aneroksia dan nokturia atau dapat berupa gejala akut pada krisis kronik yang dapat disebabkan oleh adanya infeksi. Infeksi saluran kemih atau pengeluaran garam dapat mempercepat perburukan fungsi ginjal, sementara infeksi ekstra renal yang disertai meningkatnya katabolisme dan muntah-muntah dapat menyebabkan penurunan laju filtrasi glomerulus yang mendadak.

Anak dengan gagal ginjal kronik harus diawasi oleh tim efrologi anak yang mampu memberikan perawatan yang optimal yang terdiri dari pemberian diet khusus, kemungkinan tindakan beda dan persiapan psikologis jika akan dilakukan dialissi atau transplantasi. Gangguan pertumbuhan pada gagal ginjal kronik merupakan masalah yang multifaktoral tetapi dengan pemberian diet yang agresi disertai suplemen pada anak usia 2 tahun pertama, dapat membantu mencegah terjadinya perawakan pendek yang sering tampak pada anak dengan gagal ginjal kronik.

Perlu di ingat, angka gagal ginjal kronik pada anak yang cukup tinggi akibat kelainan bawaan, radang ginjal menahun, penyakit multisitem (lupus eritematlsus, hemolitic, urmic syndrome) dan penyakit berbahaya lainnya (penyakit neuromuskuler dan tumor ginjal). Tanda penyakit ginjal pada anak beragam. Seorang anak mungkin bertumbuh sangat pelan, dapat sering muntah, atau mungkin mengalami nyeri pada punggung atau pinggang. Beberapa penyakit ginjal dapat diam selama beberapa bulan atau bahkan tahun.

Untuk mengetahui anak dengan penyakit ginjal, maka perlu diwaspadai beberapa gejala yang dapat dijumpai pada anak. Tanda pertama masalah ginjal mungkin sembab pada kelopak maka, tekanan darah tinggi, jumlah sel darah merah yang rendah (anemia), atau darah atau protein dalam air seninya. Bila dokter menemukan satu saja dari masalah ini, tes lanjutan mungkin dibutuhkan, termasuk tes darah atau air seni tambahan, atau rontgen. Pada beberapa kasus, dokter mungkin harus melakukan biopsi mengambil sepotong ginjal untuk diperiksa dengan mikroskop. Salah satu penyakit yang awalnya hanya memperlihatkan sembab di mata anak ketika bangun tidur di pagi hari adalah penyakit Sindroma Nefrotik yaitu salah satu penyakit ginjal yang sering dijumpai pada anak, merupakan suatu kumpukan gejala klinis yang terdiri dari proteinuria masif, hipoalbuminemia, hiperkolesterolmia dan sembab.

Harga XAMthone Plus

Obat Penyakit Ginjal

Harga 1 Botol XAMthone Plus isi 350mL = Rp.265.000,-

Cara Beli XAMthone Plus:

KETIK SMS: Pesan XAMThone Plus, Jumlah Botol, Nama dan Alamat Kirim Anda ( Untuk menentukan Ongkos Kirim Anda )

KIRIM SMS KE: 0852-1617-3280


=====================================

>>> Xamthone Plus Membantu Pengobatan Penyakit Ginjal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Ginjal and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.